Senin, 27 Juli 2009

Macrium Reflect

Untuk para pengguna Acer Aspire One, pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan backup pada partisi PQSERVICE menggunakan software Macrium Reflect.

Kali ini, saya akan menjelaskan cara untuk melakukan recovery dari file backup yang sudah dibuat. Sebenarnya langkah ini tidak terbatas hanya utk backup dari PQSERVICE saja, tapi seluruh backup yang dilakukan dengan software Macrium Reflect bisa direstore dengan langkah ini.

Meski basis dari Rescue CD ini adalah linux, tapi tidak usah takut, karena tampilannya sudah diganti seperti Windows dan udah mengenali mouse secara otomatis.


Acer memiliki file MBR khusus yang apabila pada saat startup anda menekan Alt+F10, maka sistem akan membawa anda ke mode recovery yg memanggil file dari partisi PQSERVICE. Karena itu, jika anda mengganti OS tanpa membackup terlebih dahulu file MBR anda, dipastikan anda tidak bisa memanggil Alt+F10 dari proses startup.

Untuk backup MBR, ada beberapa file yang disarankan yaitu

  1. MBRWizard (http://mbrwizard.com/download.shtml)
  2. MBRTool (http://www.diydatarecovery.nl/download/MBRTool_Setup.exe)
  3. MbrFix (http://www.sysint.no/Nedlasting/MbrFix.zip)
  4. MBRUtil (ftp://ftp.symantec.com/public/english_us_canada/tools/pq/utilities/head.zip)
  5. HDHacker (http://dimio.altervista.org/stats/download.php?id=6)

Setelah download, lakukan backup pada MBR anda. Untuk cara backup, silahkan baca referensi pada website diatas masing-masing.

Bisa dikatakan, bahwa langkah ini adalah langkah terpenting dalam proses ini. Sebenarnya banyak sekali aplikasi yang bisa membaca partisi tersembunyi, tapi saya menemukan aplikasi (edisi gratis) dengan nama Macrium Reflect (http://www.macrium.com/reflectfree.asp). Aplikasi ini tergolong bagus, karena selain bisa mendeteksi adanya partisi tersembunyi, juga bisa utk backup, restorasi. Bahkan secara otomatis, aplikasi ini akan membackup MBR pada saat prosesnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar